Selasa, 23 Juli 2013

Selagi Ramadhan Masih Bersama Kita



Hello friends!^^ 
Ketahuilah bahwa dalam puasa itu ternyata ada bagian tertentu yang tidak ada dalam ibadah lain loh... Yaitu pengaitannya kepada Allah Ta'ala, yang telah berfirman dalam hadits qudsy,

"Puasa itu bagiku dan aku memberi balasan dengannya." (Diriwayatkan Al-Bukhary dan Muslim)

Pengaitan ini sudah cukup sebagai bukti tentang kemuliaan puasa, sebagaimana kemuliaan Baitullah (Ka'bah) yang dikaitkan kepada-Nya, dalam firman-Nya "Dan sucikan Rumah-Ku." (Al-Hajj: 26) 


Kelebihan puasa bisa dilihat dalam dua makna berikut:

1. Karena puasa termasuk amal yang tersembunyi dan amal batin yang tidak bisa dilihat orang lain, sehingga tidak mudah disusupi riya'.

2. Sebagai cara untuk menundukkan musuh Allah. Karena sarana yang dipergunakan musuh itu adalah syahwat. Syahwat bisa menjadi kuat karena makanan dan minuman. Selagi lahan syahwat tetap subur, maka syetan bisa bebas berkeliaran di tempat gembalaan yang subur itu. Tapi jika syahwat ditinggalkan, maka jalan ke sana juga menjadi sempit.


Hal-hal yang Dianjurkan dalam Puasa

      Makan sahur, friends!^^  
Tapiiii, inget yaaa:
Diantara adab orang yang berpuasa, janganlah dia memenuhi perutnya dengan makanan pada malam hari, tetapi dia harus makan sekedarnya saja. Begitu pula jika dia terlalu kenyang di waktu sahur, maka waktunya tidak bisa dimanfaatkan secara optimal hingga mendekati waktu dzuhur.

Pas waktu berbuka tiba nih...
Baiknya, segera berbuka puasa dengan kurma :)

And then.........

Dianjurkan pula:


Melakukan hal-hal ma'ruf dan mengikuti apa yang biasa dilakukan Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam saat bulan puasa. Apa? Ngaji? Ya, tentu dong friends... ^_^, dianjurkan banyak-banyak membaca Al-Qur'an, dan juga i'tikaf di masjid. Jangan lupa sholat sunnah tarawihnya juga yaa.. Apalagi ibadah-ibadah ini dilakukan pada sepuluh hari yang terakhir, dengan meningkatkan kesungguhan pada hari-hari ini. Oke kan?!

Itulah tadi beberapa hal yang dianjurkan dalam melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadhan.


Nah, ada lagi nih friends.....
Puasa mempunyai tiga tingkatan makna:
1. Puasa secara umum, ialah menahan perut untuk tidak makan dan minum serta menahan diri untuk melampiaskan syahwat.
2. Puasa secara khusus, ialah menahan pandangan, lidah, tangan, kaki, pendengaran, penglihatan dan seluruh anggota tubuh dari dosa.
3. Puasa secara khusus dari yang khusus, ialah puasa hati dari hasrat-hasrat yang hina dan pikiran-pikiran yang menjauhkan dari Allah serta menahan diri dari hal-hal selain Allah secara keseluruhan. Puasa macam ini mempunyai penjelasan yang panjang lebar, friends... Tapi buka di sini tempatnya. :)

Diantara adab puasa secara khusus adalah menahan pandangan mata, menjaga lidah dari ucapan-ucapan yang diharamkan dan dimakruhkan atau dari ucapan yang tidak bermanfaat, serta menjaga seluruh anggota badan.
Dalam hadits riwayat Al-Bukhary disebutkan bahwa Nabi  Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda,

"Barang siapa tidak meninggalka perkataan palsu dan pengamalannya, maka Allah tidak mempunyai keperluan untuk meninggalkan makanan dan minumannya (puasanya),"


Oke friends, maka dari itu, ayoo di bulan yang suci ini kitaaaa:




Dan akhirnyaaa,
Selagi Ramadhan masih bersama kita,
saya ucapkan: 


Semoga bermanfaat ya friends,
Terima kasih ^_^




Jreeenggg....!!! 
Dapet award nih dari Komik Muslimah
Makasih Kak Dhiba A.U ^_^






 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar